RPP Bahasa Inggeris Kelas 7 semester 2   Leave a comment

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP.7.1)
Nama Sekolah : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/ Genap
Standar Kompetensi : 7. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana ujntuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang serta meminta dan memberi fakta.
Indikator : 7.1.1 Merespon ungkapan meminta dan memberi jasa.
7.1.2 Merespon ungkapan meminta dan memberi barang.
7.1.3 Merespon ungkapan meminta dan memberi fakta.
Jenis teks : Transaksional / Interpersonal
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 4 x 40’

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
a. Merespon ungkapan menerima pemberian jasa.
b. Merespon ungkapan permintaan jasa.
c. Merespon ungkapan permintaan barang
d. Merespon ungkapan pemberian barang
e. Merespon ungkapan permintaan fakta
f. Merespon ungkapan pemberian fakta

B. Materi Pembelajaran
a. Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan singkat berikut:
1) A : Pass me the salt, please.
B : Sure, here you are.
2) A : Can I have the key, please!
B : Sure, here it is.
3) A : Do you always have your dinner here?
B : Sometimes.
b. Kosakata terkait tema/jenis teks.
Misalnya: noun (countable and uncountable nouns), like, salt, sugar, pepper, jam, sauce, key, note-book, pen, pencil, marker, etc.
c. Verbs : pass, have, has, do, give, come, etc.
d. To be : is, am, are.
e. Personal pronouns : I, you, we, they, he, she, it.
f. Ungkapan baku : here you are, here it is, thanks, sure, certainly, sorry, okey.
g. Adverbs : sometimes, never, always, usually, etc.

C. Metode Pembelajaran / Teknik : Three Phases Techniques.

D. Langkah-langkah Kegiatan :
a. Kegiatan pendahuluan
1) Tanya jawab berbagai hal terkait dengan situasi siswa.
2) Siswa menjawab pertanyaan tentang permintaan dan pemberian.
3) Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.

b. Kegiatan Inti
1) Mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
2) Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar.
3) Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
4) Mendengarkan percakapan tentang permintaan dan pemberian jasa, permintaan dan pemberian barang serta permintaan dan pemberian fakta.
5) Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
6) Mendapat informasi tertentu dari percakapan yang didengar.
7) Merespon ungkapan-ungkapan tertentu dari percakapan.
8) Melakukan perintah yang diucapkan guru.
c. Kegiatan Penutup
1) Menanyakkan kesulitan siswa selama PBM.
2) Menyimpulkan materi pembelajaran.
3) Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan dalam situasi real.

E. Sumber Belajar
a. Buku teks yang relevan.
b. Script / Rekaman percakapan.
c. Gambar-gambar yang relevan.

F. Penilaian
a. Teknik : Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan.
b. Bentuk : Pertanyaan lisan.

c. Instrumen:
I. Listen to the expression and give your response orally!
1. What do you have for breakfast?
2. Can you tell me some food that you know?
3. Do you like to have dinner out?
4. Where is your favourite place?
5. What is your favourite food?
6. Can you clean the board, please?
7. Show me your work!
8. Pass me the menu, please!
II. Listen to the teacher. Write what he/she says. Choose the response in the box below.
1. Ari : ……………………
Bagus : Sure.
2. Anne : I’m returning the pen.
Dita : …………………….
3. Mr. Gultom : ………………
Wayan : Yes, sir
4. Ketut : Can I borrow your pen, please?
Putri : ……………………
5. David : ……………………..
Listy : Sure
6. Doni : Hi, Lisa. Lend me your pen, please.
a. Sure, here you are
b. Open the door, please.
c. Take it in my schoolbag.
d. Put in here.
e. Hold the books for me, please.
f. Clean the board, Wayan!

III. Complete the dialogue with the expressions that you hear from the cassette.
1. Lisa : Ratih, is this your new workbook?
Ratih : a). ……………………………….
Lisa : Can I see it?
Ratih : b). …………………………………
Lisa : Thanks.
2. Father : a). ……………………………….
Vita : Yes, Dad.
Father : b). ……………………………….
Vita : Where is it?
Father : c). ……………………………….
Vita : Yes, I got it.
Father : Thank you.
Script :
Dialog 1
Lisa : Ratih, is this your new work book?
Ratih : Yes, it is.
Lisa : Can I see it?
Ratih : Thanks.

Dialog 2

Father : Vit, can you help me, please?
Vita : Yes, dad.
Father : Get me the newspaper.
Vita : Where is it?
Father : Emm…. May be it’s on the table.
Vita : Yes, I got it.
Father : Thank you.

2. Pedoman Penilaian:
a. Tiap nomor benar diberi skor 3
b. Skor maksimal : 20 X 30 = 60
c. Nilai maksimal : 10
d. Nilai siswa : Skor Perolehan
——————— X 10
Skor maksimal

3. Rubrik Penilaian:
No. Uraian Skor
I s.d. III Setiap jawaban benar, ungkapan tepat
Setiap jawaban kurang benar
Setiap jawaban tidak benar
Tidak ada jawaban 3
2
1
0

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP.7.2)
SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/ Genap
Standar Kompetensi : 7. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan tansak-sional dan interpersonal sangat sederhana ujntuk berinteraksi dengan lingkujngan terdekat.
Kompetensi Dasar : 7.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal.
Indikator : 7.1.1 Merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat.
7.1.2 Menyatakan rasa suka tidak suka
7.1.3 Memberikan klarifikasi.
Jenis teks : Transaksional / Interpersonal
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 3 x 40’

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan meminta dan memberi pendapat.
2. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan suka dan tidak suka.
3. Merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat
4. Merespon ungkapan suka dan tidak suka.
5. Menggunakan ungkapan meminta dan memberi pendapat dalam percakapan pendek sederhana
6. Menggunakan ungkapan suka dan tidak suka dalam percakapan pendek sederhana.
B. Materi Pembelajaran
1. Ungkapan meminta dan memberi pendapat
Contoh: A : What do you think?
B : I think it’s OK

2. Ungkapan suka dan tidak suka.
Contoh : A : Do you like this novel?
B : Yes, I like it.
3. Kosa kata :
Nouns : Things around the classroom and in the house.
C. Metode / Teknik : TPR dan PPP
• Total Physical Response (untuk pengenalan kosakata baru)
• Presentation, Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional dan interpersonal)

D. Langkah-langkah Kegiatan
Setiap pertemuan dikemas dalam 3 tahapan:
Kegiatan awal:
• Greetings, Checking for the roll.
• Pre- test, review

Kegiatan Inti
• Siswa menebak arti kata kerja dengan memperhatikan demonstrasi guru.
• Siswa menemukan makna kosa kata (nouns around the class and the home) dengan cara melaksanakan perintah guru.dalam bahasa Inggris dengan bantuan real objects / gambar.
• Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan meminta dan memberi pendapat.
• Siswa menjawab pertanyaan guru tentang makna dan fungsi ungkapan meminta dan memberi pendapat.
• Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan suka dan tidak suka.
• Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ungkapan suka dan tidak suka
• Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan meminta pendapat.
• Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan suka dan tidak suka.
• Siswa menirukan ungkapan meminta dan memberi pendapat.
• Siswa menirukan ungkapan suka dan tidak suka.
• Siswa menginterview temannya dengan menggunakan instrumen tabel tentang informasi yang diminta dengan menggunakan ungkapan meminta dan memberi pendapat serta ungkapan suka dan tidak suka
contoh:

Statements Opinions
1. Andi wakes up at 7 o’clock everyday.
2. The floor must be clean.
3. We make graffiti on the school wall
4. We read aloud in the library. ……………
……………
……………
……………

Kegiatan Akhir

• Siswa menebak arti kata kerja (Siswa menebak arti kata kerja (paint, aloud etc) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
• Siswa menemukan makna kosa kata (nouns outside the class and the home) dengan cara melaksanakan perintah guru.dalam bahasa Inggris dengan bantuan real objects / gambar.
Contoh : Come here, please! Show me the school yard, please!, Point at the refrigerator!
• Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani,
• Memberikan post test,
• Memberi penugasan di rumah untuk mempraktekkan dialog yang berisi ungkapan meminta dan memberi pendapat, serta ungkapan suka dan tidak suka. (mereka melaporkan kegiatannya dalam bentuk buku catatan harian yang berisi
o Kegiatan mencari gambar kemudian memberikan pendapat.
o Memberikan tanggapan kepada gambar dengan ungkapan suka tidak suka.
o Memberikan klarifikasi kepada gambar kejadian yang salah
Contoh
Name : ……….
Class : ………..
Gambar opini klarifikasi?
Orang berjualan di trotoar Saya tidak setuju Seharusnya orang berjualan di pasar

E. Sumber Belajar
a. Contoh dialog / ungkapan-ungkapan.
b. Kaset berisi teks dialog yang terkait.
c. Buku teks yang digunakan yang telah disahkan oleh pihak yang berwenang (judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman).

F. Penilaian
a. Teknik : Tes lisan
b. Bentuk : Penugasan
c. Instrumen : Terlampir

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
(RPP.8.1)

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap
Standar Kompetensi :
8. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana ntuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar :
8.1. Merespon makna yang terdapat delam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Indikator :
8.1.1 Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta dan memberi informasi..
8.1.2 Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan ucapan terima kasih..
8.1.3 Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta maaf
8.1.4 Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan kesantunan
Jenis teks : Teks transaksional interpersonal.
Aspek/Skill : Mendengarkan dan berbicara
Alokasi Waktu : 3 x 40

A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan meminta dan memberi informasi.
2. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan ucapan terima kasih.
3. Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi.
4. Merespon ungkapan ucapan terima kasih.
5. Menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi dalam percakapan pendek sederhana
6. Menggunakan ungkapan ucapan terima kasih dalam percakapan pendek sederhana.
B. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Ungkapan meminta dan memberi informasi
Contoh: A : Where’s the book?
B : It’ there.

2. Ungkapan terima kasih
Contoh : A : Thank you.
B : You’re welcome.

3. Kosa kata :
Preposition : in, on, under, behind, in front of, near, far from, over there, over here.
Nouns : Things around the classroom and in the house.
C. Metode / Teknik : TPR dan PPP
• Total Physical Response (untuk pengenalan kosakata baru)
• Presentation, Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional dan interpersonal)

D. Langkah-langkah Kegiatan
Setiap pertemuan dikemas dalam 3 tahapan:
Kegiatan awal:
• Greetings, Checking fort the roll.
• Pre- test, review
Kegiatan Inti
• Siswa menebak arti kata kerja (on, under, in front of, near, between, behind, beside, near) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
• Siswa menemukan makna kosa kata (nouns around the class and the home) dengan cara melaksanakan perintah guru dalam bahasa Inggris dengan bantuan real objects / gambar.
Contoh : Point at the book! Then put the book on the chair!
• Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan meminta dan memberi informasi.
• Siswa menjawab pertanyaan guru tentang makna dan fungsi ungkapan meminta dan memberi informasi.
• Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan terima kasih.
• Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ungkapan terima kasih
• Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan meminta informasi
• Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan terima kasih.
• Siswa menirukan ungkapan meminta dan memberi informasi.
• Siswa menirukan ungkapan terima kasih.
• Siswa menginterview temannya dengan menggunakan instrumen tabel tentang informasi yang diminta dengan menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi serta ucapan terima kasih
contoh:

Things at home Your friend 1 / Where ? Your friend 2 / Where ?
TV
Clock
Arm chair
Etc. ……………
……………
……………
…………… ……………
……………
……………
……………
A : Do you have TV?
B : Yes, I do.
A : Where is it?
B : In the living room.
A : Thank you.
B : You’re welcome.

Kegiatan Akhir

• Siswa menebak arti kata kerja (Siswa menebak arti kata kerja (borrow, give, come, point, show, take, help) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
• Siswa menemukan makna kosa kata (nouns outside the class and the home) dengan cara melaksanakan perintah guru dalam bahasa Inggris dengan bantuan real objects / gambar.
Contoh : Come here, please! Show me the school yard, please!, Point at the refrigerator!
• Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani,
• Memberikan post test,
• Memberi penugasan di rumah untuk mempraktekkan dialog yang berisi ungkapan meminta dan memberi informasi, serta ungkapan rasa terima kasih. (mereka melaporkan kegiatannya dalam bentuk buku catatan harian yang berisi
o Kegiatan dialog berpatner dengan siapa, dimana, dan kapan?.
o Problem apa yang mereka dapatkan? Tuliskan di buku harian.

Name : ……….
Class : ………..
What kind of activities? What problems ? When and where ?
…………………………. ………………. ………………

E. Sumber Belajar
d. Contoh dialog / ungkapan-ungkapan.
e. Kaset berisi teks dialog yang terkait.
f. Buku teks yang digunakan yang telah disahkan oleh pihak yang berwenang (judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman).

F. Penilaian
d. Teknik : Tes lisan
e. Bentuk : Penugasan
f. Instrumen : Terlampir

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
(RPP.8.2.1)

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII/Genap
Standar Kompetensi : 8. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk deskriptif dan prosedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 8.2. Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk deskriptif .
Indikator :
• 8.2.1 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks lisan monolog berbentuk deskriptif
• 8.2.2 Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang didengar
• 8.2.3 Mengidentifikasi fungsi komuni-katif teks yang didengar
Jenis teks : Teks monolog lisan berbentuk descriptve
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog lisan berbentuk
descriptive.
2. Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks descriptive.
3. Mengidentifikasi fungsi social teks descriptive.

B. Materi Pembelajaran
1. Kosa kata terkait dengan teks deskriptif: garden, flowers, cape jasmine, glossy,
bright, fragrant, blooms, profusely
2. Teks monolog berbentuk deskriptif

My Cape Jasmine
I have a garden. I plant many flowers there. But my favourite flower is Cape Jasmine.
Cape Jasmine is a kind of white jasmines. You see… it has glossy and bright green leaves. It has also beautiful fragrant flowers. It usually blooms in June. Well … my cape jasmine has survived for years, but still blooms profusely every year.
C. Metode / Teknik : TPR dan PPP
• Presentation, Practice and Production

D. Langkah-langkah Kegiatan
Setiap pertemuan dikemas dalam 3 tahapan:
Kegiatan awal:
– Greetings, Checking fort the roll.
– Pre- test, review

Kegiatan Inti
a. Siswa dan guru membahas kata-kata sulit yang akan muncul dalam teks.
b. Siswa mendengarkan teks lisan monolog berbentuk descriptive.
c. Siswa menjawab pertanyaan tentang isi teks.
d. Siswa menjawab pertanyaan tentang cirri-ciri kebahasaan teks descriptive.
e. Siswa menjawab pertanyaan tentang fungsi social teks descriptive.
Kegiatan Akhir
– Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa
yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani,
– Memberikan post test.

E. Sumber Belajar
a. Buku teks yang relevan
b. Kaset/script teks monolog descriptive.

F. Penilaian
a. Teknik : Tes tertulis
b. Bentuk : Pilihan ganda, isian
c. Instrumen : Terlampir

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

INSTRUMEN
I. Listen to the casset and answer the following questions!
1. What is the speaker’s favourite flower?
a. Rose
b. Orchid
c. Sun flower
d. Cape jasmine

2. What is the color of the jasmine?
a. Red
b. White
c. Green
d. Orange

3. When does the jasmine usually bloom?
a. In March
b. In June
c. In July
d. In August

4. What is the purpose of the speaker to tell the text?
a. To describe something specific.
b. To retell events.
c. To entertain.
d. To amuse.

II. Listen the text once more and write down three verbs from the text you hear!

SCRIPT
My Cape Jasmine
I have a garden. I plant many flowers there. But my favourite flower is Cape Jasmine.
Cape Jasmine is a kind of white jasmines. You see… it has glossy and bright green leaves. It has also beautiful fragrant flowers. It usually blooms in June. Well … my cape jasmine has survived for years, but still blooms profusely every year.

Pedoman Penilaian

I. Tiap jawaban benar diberi skor 1, jawaban salah 0. Skor maksimal 4
II. Tiap jawaban benar diberi skor 2, jawaban salah 0. Skor maksimal 6

Nilai = perolehan skor x 10

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
(RPP.8.2.2)

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap
Standar Kompetensi : 8. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk deskriptif dan prosedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 8.2.Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure .
Indikator :
8.2.1 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks lisan monolog berbentuk procedure
8.2.2 Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang didengar
8.2.3 Mengidentifikasi fungsi komunikatif teks yang didengar
Jenis teks : Teks monolog lisan berbentuk procedure
Tema : Technology
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog lisan berbentuk
procedure
2. Mengidentifikasi cirri kebahasaan teks procedure
3. Mengidentifikasi fungsi social teks procedure.
B. Materi Pembelajaran
1. Kosa kata terkait dengan teks procedure: stir, pour, add, serve
2. Teks monolog berbentuk procedure.
How to make iced tea
Well, students, now I want to tell you how to make a glass of tea. I think all of you have made iced tea by yourself, haven’t you? How did you find it? Of course, it’s very easy. By the way, what materials do we need to make it? We need a glass of tea, two spoonfuls of sugar, and some ice cubes. Right. Let’s make it together. First, make some strong tea, and then pour it into a glass until the glass is about three-fourths full; remember not too full; then add two spoonfuls of sugar and stir it, and what next? Put the ice cubes into the glass and serve it. Yeah, it’s very fresh. (Taken from English for Junior high school IX, page 107)

C. Metode / Teknik : TPR dan PPP
• Presentation, Practice and Production

D. Langkah-langkah Kegiatan
Setiap pertemuan dikemas dalam 3 tahapan:
Kegiatan awal:
– Greetings, Checking fort the roll.
– Pre-test, review

Kegiatan Inti
a. Siswa dan guru membahas kata-kata sulit yang akan muncul dalam teks.
b. Siswa mendengarkan teks lisan monolog berbentuk procedure.
c. Siswa menjawab pertanyaan tentang isi teks.
d. Siswa menjawab pertanyaan tentang cirri-ciri kebahasaan teks procedure.
e. Siswa menjawab pertanyaan tentang fungsi social teks procedure.
Kegiatan Akhir
– Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa
yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani,
– Memberikan post test.

E. Sumber Belajar
a. Buku teks yang relevan
b. Kaset/script teks monolog procedure.

F. Penilaian
a. Teknik : Tes tertulis
b. Bentuk : Pilihan ganda, isian
c. Instrumen : Terlampir

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

INSTRUMEN
I. Listen to the cassette and fill the blanks.
Goal How to make a glass of tea
Materials : – A glass______________
– Two spoonfuls of _________
– Some ice __________
Steps : 1. Make ______________
2. Pour down ______________
3. Add ___________
4. Put ____ and ______
II. Answer the questions!
1. What is the goal of the text?
2. How many ingredients are needed to make it?
3. How much sugar do you need?
4. Do you need ice cubes?
5. What is the first step in making it?
6. What is the taste of the tea you are preparing?
7. Why should you fill the glass with tea only three-fourths full?
8. What ingredients are mixed together first?
9. What do you do next?
10. Can you change the steps of this process?
Pedoman Penilaian

III. Tiap jawaban benar diberi skor 1, jawaban salah 0. Skor maksimal 10
IV. Tiap jawaban benar diberi skor 2, jawaban salah 0. Skor maksimal 10

Nilai = perolehan skor x 10
2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP.9.1 )

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap

Standar Kompetensi : 9. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang dan meminta dan memberi fakta
Indikator : Bertanya dan menjawab berbagai informasi
9.1.1 Meminta dan memberi jasa
9.1.2 Meminta dan memberi barang
9.1.3 Meminta dan memberi fakta
Jenis teks : Teks fungsional pendek
Aspek/ Skill : Speaking
Alokasi Waktu : 5 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengungkapkan tentang meminta jasa
b. Mengungkapkan tentang memberi jasa
c. Mengungkapkan tentang meminta barang
d. Mengungkapkan tentang memberi barang
e. Mengungkapkan tentang meminta fakta
f. Mengungkapkan tentang memberi fakta

B. Materi Pembelajaran :
a. Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan :
X : Pass me the pencil, please.
Y : Sure, here you are.

A : Give me the paper, please.
B : Certainly, here it is
b. Kosa kata yang terkait
Noun : Salt, paper, sugar, dictionary
Adjective : Beautiful, handsome, clever
Adverb : Well, beautifully, carefully
Responses : Sure, alright, ok, certainly
Personal pronoun as object : We, me, us, them, him, her

C. Metode Pembelajaran / Tehnik : Three phase technique

D. Langkah-langkah Kegiatan :

a. Kegiatan Pendahuluan
– Greeting, call the roll
– Siswa merespon pertanyaan tentang materi terkait

b. Kegiatan Inti :
1. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks
2. Membahas kosa kata dari tata bahasa noun, adjective, adverb, nounpharse
3. Mendengarkan ungkapan-ungkapan yang diucapkan guru
4. Menirukan ungkapan-ungkapan yang diucapkan guru
5. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
6. Merespon ungkapan-ungkapan meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, meminta dan memberi fakta.
7. Berlatih dengan teman menggunakan ungkapan-ungkapan dalam percakapan sesuai materi
8. Merespon ungkapan yang diucapkan guru

c. Kegiatan Penutup :
 Menanyakan kesulitan siswa selama proses pembelajaran
 Menyimpulkan materi pembelajaran
 Menugaskan siswa untuk membuat teks yang telah dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya

E. Sumber Belajar :
• Buku teks yang relevan
• Script percakapan/rekaman percakapan
• Gamba-gambar yang relevan

F. Penilaian :
a. Teknik : teks lisan
b. Bentuk : performance, merespon ungkapan
c. Instrumen :
I. Listen the expression andgive your response orally !
1. Get me a disctionary, please.
………………………………
2. May I borrow your pencil, please.
………………………………..

3. Close the door, please.
……………………………….
4. Can you lend me your umbrella, please.
…………………………………
5. Open the window, please.
………………………………..
II. Perform the dialogue with your friend in front of the class
1. Ratih : Good morning, mam
Librarian : Good morning. Can I help you, Ratih ?
Ratih : Oh, yes. I like to written this book.
Librarian : Put it here, please.
Ratih : Thanks, mam.

2. Lisa : Hi, Doni. Do you need any help ?
Doni : Hi, lisa. Yes, lend me your pen, please ?
Lisa ; Sure. here you are
Doni : That very kind of you
Lisa : You are well come

3. Wati : Good afternoon, Ms Tris. I’ m hungry.
Ms.Tris : Good afternoon, Wati. What do you want to eat ?
Wait : Can I have a bowl of soup, please ?
Ms.Tris : Of course. Sit down and wait a minutes, please.
Wati : Thank you.
d. Pedoman Penilaian
1. Untuk I : Tiap jawaban benar score : 2
2. Untuk II : – Pengucapan, score max : 5
– Penampilan, score max : 3
– Intonasi, score max : 2

3. Jumlah score max I : 5 x 2 = 10
II : = 10
20
4.. Nilai max : 10
5. Nilai siswa : Skor perolehan = N
2

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP.9.2 )

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII /Genap
Standar Kompetensi : 9. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 9.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang dan meminta dan memberi fakta
Indikator : Bertanya dan menjawab berbagai informasi
9.2.1 Meminta dan memberi pendapat
9.2.2 Menyatakan suka dan tidak suka
9.2.3 Meminta klarifikasi
Merespon secara interpersonal
Jenis teks : Teks fungsional pendek
Aspek/ Skill : Berbicara
Alokasi Waktu : 5 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengungkapkan tentang meminta pendapat
b. Mengungkapkan tentang memberi pendapat
c. Mengungkapkan tentang menyatakan suka
d. Mengungkapkan tentang menyatakan tidak suka
e. Mengungkapkan tentang meminta klarifikasi
f. Merespon secara interpersonal.

B. Materi Pembelajaran :
a. Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan :
1. X : What do you think of this?
Y : Not bad.
2. A : I like tea.
B : I don’t
3. A: Are you sure?
B: I’m.
4. A: Do you?
B: I do.

b. Kosa kata yang terkait tema
Misalnya: like, love, dislike, hate, good, certain, of course.

C. Metode Pembelajaran / Tehnik : Three phase technique

D. Langkah-langkah Kegiatan :
a. Kegiatan Pendahuluan
– Tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa.
– Siswa menjawab pertanyaan tentang materi terkait dengan tema.
b. Kegiatan Inti :
1. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks
2. Mendengarkan ungkapan – ungkapan yang diucapkan guru.
3. Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar.
4. Menirukan kalmat –kalimat yang diucapkan guru.
5. Merespon ungkapan – ungkapan: meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi.
6. Melakukan perintah yang diucapkan guru
c. Kegiatan Penutup :
 Menanyakan kesulitan siswa selama proses pembelajaran
 Menyimpulkan materi pembelajaran
 Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan – ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.

E. Sumber Belajar :
• Buku teks yang relevan
• Script percakapan/rekaman percakapan
• Gamba-gambar yang relevan

F. Penilaian :
a. Teknik : teks lisan
b. Bentuk : daftar pertanyaan Dan bermain peran
c. Instrumen :
I. Listen to the expression and give your response orally !
1. What do you like to do in your spare time?
………………………………
2. What do you like to do after you go home?
………………………………..

3. Why is Ali absent?
……………………………….
4. What do you think of our new classmate?
…………………………………
5. By the way, how about our math test today?
………………………………..

d. Pedoman Penilaian
1. Untuk I : Tiap jawaban benar score : 2
2. Untuk II :
– Bisa mendapatkan pasangannya dan pengucapannya benar, score 10
– Bisa mendapatkan pasangannya dan pengucapannya salah, score 8
– Tidak mendapatkan pasangannya dan pengucapannya salah, score 5

3. Jumlah score max I : 5 x 2 = 10
II : = 10
20

4.. Nilai max : 10
5. Nilai siswa : Skor perolehan = N
2

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP.10.1 )

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap
Standar Kompetensi : 10. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 10.1. Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Indikator : * Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek berbentuk:
– Instruksi
– Daftar barang
– Pengumuman
– Ucapan Selamat
* Memberi instruksi secara lisan
* Menyebutkan daftar barang tertentu
* Mengumumkan sesuatu
* Mengucapkan selamat
Jenis teks : Teks fungsional pendek
Aspek/ Skill : Berbicara
Alokasi Waktu : 5 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengungkapkan teks fungsional pendek berbentuk:
– Instruksi
– Daftar barang
– Pengumuman
– Ucapan Selamat
b. Member instruksi secara lisan
c. Menyebutkan daftar barang tertentu
d. Mengumumkan sesuatu
e. Mengucapkan selamat

B. Materi Pembelajaran :
a. Teks fungsional pendek berbentuk:
– Instruksi : – Open the door.
– Clean the board.
– Sweep the floor.
– Daftar barang: 1. Make a list of things in the class
2. Mention the things on the wall
3. Mention the things in your bag.

- Pengumuman

Ucapan selamat: 1. Congratulation on your success.
2. Happy birthday

C. Metode Pembelajaran / Tehnik : Three phase technique

D. Langkah-langkah Kegiatan :
a. Kegiatan Pendahuluan
– Tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa.
– Siswa menjawab pertanyaan tentang teks fungsional pendek berbentuk instruksi, daftar barang, pengumuman dan ucapan selamat.
b. Kegiatan Inti :
1. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks
2. Mendengarkan kalimat – kalimat yang diucapkan guru.
3. Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar.
4. Menirukan kalimat – kalimat yang diucapkan guru.
5. Mendengarkan teks fungsional pendek tentang instruksi, daftar barang, pengumuman dan ucapan selamat.
6. Menjawab pertanyaan tentang isi teks fungsional pendek tentang instruksi, daftar barang, pengumuman dan ucapan selamat.
7. Merespon ungkapan tentang instruksi, daftar barang, pengumuman dan ucapan selamat.
8. Mengungkapkan tentang instruksi, daftar barang, pengumuman dan ucapan selamat.
c. Kegiatan Penutup :
a. Menanyakan kesulitan siswa selama proses pembelajaran
b. Menyimpulkan materi pembelajaran
c. Menugaskan siswa untuk membuat teks yang telah dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya

E. Sumber Belajar :
• Buku teks yang relevan
• Script percakapan/rekaman percakapan
• Gambar-gambar yang relevan

F. Penilaian :
a. Teknik : Teks lisan
b. Bentuk : Pertanyaan lisan
c. Instrumen :
I. Give your response to the following statement orally.
1. Open the book on page 37, please!
…………………………………..
2. Mention the things in your bag!
…………………………………..
II. Make announcement based on the situation below:
There will be an English speech contest next Monday.
All students should be participate.

III. Make congratulation to the situation below.
Muhammad gets the first winner on Math Olympic Contest.

d. Pedoman Penilaian
1. Untuk I : – Score max : 4
2. Untuk II : – Score max : 2
3. Untuk III : – Score max : 4
4.. Nilai max : 10
5. Nilai siswa : Score I + II + III

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP.10.2.1 )

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII / Genap
Standar Kompetensi : 10 Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 10.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,lancar,dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.
Indikator : 10.2.1 Mengungkapkan berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk descriptive
10.2.2 Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar
10.2.3 Menyebutkan ciri kebahasaan teks yang didengar
10.2.4 Melakukan monolog dalam bentuk descriptive
Jenis teks : Descriptive
Aspek/ Skill : Berbicara
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengungkapkan berbagai informasi dalam teks monolong berbentuk descriptive
b. Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar
c. Menyebutkan ciri kebahasaan teks yang didengar
d. Melakukan monolong dalam bentuk descriptive

B. Materi Pembelajaran :
a. Teks monolog berbentuk descriptive
Hello, friends.
My name is Adam, A-D-A-M.
I am a student. I am twelve years old.
I am in the first year of junior high school.
b. Kosa kata terkait tema atau jenis teks
Misalnya : name, student, old, dan sebagainya.
c. Ciri kebahasaan teks descriptive
– Penggunaan to be (am, is, are)
– Penggunaan present tense
C. Metode Pembelajaran / Tehnik : Three phase technique
D. Langkah-langkah Kegiatan :
a. Kegiatan Pendahuluan
– Mendengarkan dan merespon berbagai hal tentang teks descriptive.
b. Kegiatan Inti :
1. Mendengarkan model monolog lisan tentang teks descriptive.
2. Melakukan monolog lisan secara individu

c. Kegiatan Penutup :
 Menanyakan kesulitan siswa dalam melakukan monolog lisan tentang teks` descriptive
 Menyimpulkan materi pembelajaran
 Menugaskan siswa untuk membuat teks descriptive salah seorang temannya.
E. Sumber Belajar :
• Buku teks yang relevan
• Koran / majalah
• Perpustakaan
F. Penilaian :
a. Teknik : Tes Lisan
b. Bentuk : Performance
c. Instrumen : Introduce yourself in front of the class
d. Pedoman Penilaian

e. Rubrik Penilaian

NO NAME PRONUNCIATION INTONATION GRAMMAR FLUENCY

Keterangan:

Baik : 21 – 25
Cukup Baik : 16 – 20
Kurang Baik : 11 – 15
Tidak Baik : 6 – 10
Sangat Tidak Baik : 1 – 5

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP.10.2.2)

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII /Genap
Standar Kompetensi : 10 Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 10.2.Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,lancar,dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure.
Indikator : 10.2.1 Mengungkapkan berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk procedure
10.2.2 Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar
10.2.3 Menyebutkan ciri kebahasaan teks yang didengar
10.2.4 Melakukan monolog dalam bentuk procedure
Jenis teks : Procedure
Aspek/ Skill : Berbicara
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengungkapkan berbagai informasi dalam teks monolong berbentuk procedure
b. Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar
c. Menyebutkan ciri kebahasaan teks yang didengar
d. Melakukan monolog dalam bentuk procedure

B. Materi Pembelajaran :
a. Teks monolog berbentuk procedure
Installing Your TV set
Be sure not to plug your TV set into an electrical outlet until you read these instructions.
First of all, make sure to open the box carefully. Don’t drop it. It’s fragile.
Then take the TV set out of the box. Don’t forget to remove the plastic bags around the speakers.
Next, put it in a suitable place. Try not to expose it to direct sunlight.
After that, remember to attach the wirew from the speakers to the main unit.
Finally, plug it into the electrical outlet. Turn it on and enjoy the program.
(taken from Smart steps for Junior High school, grade IX, page 62)
b. Kosa kata terkait tema atau jenis teks
Misalnya : plug, fragile, drop, etc
c. Ciri kebahasaan teks descriptive
• Penggunaan sequences of event, first, second, then, after that, finally, at last
• Penggunaan conjunction, before, after, while
• Penggunaan imperative sentence
• Noun phrase
C. Metode Pembelajaran / Tehnik : Three phase technique
D. Langkah-langkah Kegiatan :
a. Kegiatan Pendahuluan
– Mendengarkan dan merespon berbagai hal tentang teks procedure
b. Kegiatan Inti :
1. Mendengarkan model monolog lisan tentang teks procedure
2. Melakukan monolog lisan secara individu

c. Kegiatan Penutup :
 Menanyakan kesulitan siswa dalam melakukan monolog lisan tentang teks procedure
 Menyimpulkan materi pembelajaran
 Menugaskan siswa untuk membuat teks descriptive salah seorang temannya.
E. Sumber Belajar :
• Buku teks yang relevan
• Koran / majalah
• Perpustakaan
F. Penilaian :
a. Teknik : Tes Lisan
b. Bentuk : Performance
c. Instrumen : Retelling the procedure text.
d. Pedoman Penilaian

e. Rubrik Penilaian

NO NAME PRONUNCIATION INTONATION GRAMMAR FLUENCY

Keterangan:

Baik : 21 – 25
Cukup Baik : 16 – 20
Kurang Baik : 11 – 15
Tidak Baik : 6 – 10
Sangat Tidak Baik : 1 – 5

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP.11.1 )

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap

Standar Kompetensi : 11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 11.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
Indikator : – Mengidentifikasi berbagai informasi dalm teks funsional pendek :
• Instruksi
• Daftar barang
• Ucapan selamat
• Pengumuman
Jenis teks : Fungsional pendek
Aspek/ Skill : Membaca
Alokasi Waktu : 5 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa instruksi
b. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa daftar barang
c. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa ucapan selamat
d. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa pengumuman
e. Merespon berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
f. Membaca nyaring teks fungsional pendek

B. Materi Pembelajaran :
a. Teks fungsional pendek yang memuat
– Instruksi
– Daftar barang
– Ucapan selamat
– Pengumuman
Contoh :
Tina : Hello, Ron! Happy birthday to you
Roni : Thank you.
Les’t go to the school canteen to get some food and drink.
Today I’ll treat you.
Tina : Okay
b. Kosa kata terkait tema / jenis teks.
c. Ungkapan Selamat

C. Metode Pembelajaran / Tehnik : Three phase technique

D. Langkah-langkah Kegiatan :
a. Kegiatan Pendahuluan
– Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
– Siswa menjawab pertanyaan tentang makanan yanng di sukai.
b. Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan berbagai contoh teks.
2. Siswa mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks yang berupa :
– Instruksi
– Daftar barang
– Ucapan Selamat
– Pengumuman
3. Membahas kosakata dan tata bahasa : noun, noun phrases, adjective, verb, adverb.
4. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
5. Berdiskusi dengan teman menjawab pertanyaan bacaan.
6. Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan individual
7. Membaca nyaring bergiliran
c. Kegiatan Penutup :
a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
b. Menyimpulkan materi pembelajaran
c. Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya

E. Sumber Belajar :
• Buku teks yang relevan
• Teks Otentik

F. Penilaian :
a. Teknik : Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan dan tulis
b. Bentuk : – Performance
– Pertanyaan lisan dan tulis
c. Instrumen :
1. Read the texts given and then identify orally :
a. The instruction
b. The things
c. Words / phrases expressing congratulations
d. Annouccment
2. Answer the following question based on the dialogue
a. Who celebrates the birthday ?
b. Where do they go to get some food any drink ?
c. What does Tina say to congratulation Roni ?
d. What is Roni’s response when Tina congratulation ?
3. Read the text no.2 aloud !
d. Pedoman Penilaian Untuk Reading Aloud ( Text no.2 )

e. Rubrik Penilaian

No Name Pronunciation Intonation Stressing Fluency Loudness

Skor :
– Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran baik : 5
– Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran cukup baik : 4
– Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran kurang baik : 3
– Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran tidak baik : 2
– Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran sangat tidak baik : 1

Keterangan:

Baik : 21 – 25
Cukup Baik : 16 – 20
Kurang Baik : 11 – 15
Tidak Baik : 6 – 10
Sangat Tidak Baik : 1 – 5

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP.11.2.1)

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap

Standar kompetensi : 11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi dasar : 11.2. Merespon makna dan langkah retorika secara akurat lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive

Indikator :
• Mengidentifikasi berbagai informasi rinci dalam teks descriptive
• Mengidentifikasi cirri-ciri kebahasaan teks descriptive.
• Mengidentifikasi langkah-langkah retorika teks descriptive.
Jenis teks : Descriptive
Aspek/ Skill : Membaca
Alokasi waktu : 2 X 40 menit

A. Tujuan Pembalajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat menemukan :
1. Gagasan umum teks.
2. Informasi rinci dalam teks.
3. Makna kata tertentu dalam teks.
4. Langkah retorika teks.
B. Materi Pelajaran
1. Teks monolog pendek Our School.
2. Kosa kata yang berhubungan dengan teks Our School.
3. Preposition: behind, in front of, between, beside.

C. Metode/ Teknik : Three phase technique

D. Langkah langkah kegiatan
Kegiatan awal
Salam/ greeting mengecek kehadiran siswa, apersepsi dengan membahas tugas rumah siswa.

Kegiatan inti
a. Pre reading activity
 Menjawab berbagai pertanyaan tentang lingkungan sekolah
 Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat yang berkaitan dengan lingkungan sekolah

b. Whilest Reading activity
• Membaca text Our School
• Menjawab pertanyaan tentang text Our School untuk menemukan gagasan utama, informasi rinci, makna kata, dan tujuan komunikatif
• Menentukan kata makna dan bentuk.
c. Post Reading Activity
• Menemukan struktur kalimat yang digunakan dalam teks descriptive
• Menemukan fitur-fitur bahasa teks descriptive
Kegiatan akhir
a. menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami wacana yang diberikan
b. Membuat simpulan/ penegasan tentang materi yang baru dipelajari
c. Menerima tugas/ pekerjaan rumah.

E. Sumber Belajar
• Buku Paket Bahasa Inggris

F. Penilaian
1. Teknik : tes tertulis
2. Bentuk : pertanyaan tertulis
3. Instrumen : Terlampiri

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

Instrumen Penilaian

I. Answer the following Questions based on your knowledge!
– Do you know where your school located is located?
– Where is it located?
– Is your school big or small?
– How many classroom does your school have?
– What is your school like?

II. Look at your dictionary to get the meaning of the following words if necessary!
Building =………. Located =………
Spacious =………. Library =………
Beside =………. Soccer field =………
School yard =………. Between =………

III. Use the words in the list above to fill the blanks in the sentences below!
1. Every student can borrow books or magazine from the school…..
2. Our school is ….at Jl. Ki Hajar Dewantara No.27 Tuban East java.
3. The school hall is….it is usually used to hold students’ parents meeting.
4. The students have the sport class in the…..It lies bside our school.
5. On Mondays we have flag hosting ceremony in the ….It is located in front of the teachers room
6. 7 C classroom has located ….7C classroom and 7 D
7. Beside the soccer field there is a large…It is our school auditorium.
8. The headmaster room is ….the teachers room.

IV. Study the following questions carefully before you read the text!
1. Is our school old?
………………………………………….
2. Where does our school lie?
…………………………………………
3. How many classroom does our school have?
………………………………………….
4. mention the part of our school ?
………………………………………….

V. Read the following text carefully to answer the questions above!

Our School

Our school is one of a new school in our town. It is located at 25th Jl. Pemuda. It is big building with ten classroom, one liberary, one office, one staff room, one canteen, two toilet.
Behind the school building, there is a specious soccer field. The school boys aften plays soccer there and the school girls play volleyball beside it. In front of the classroom, there is a vast school yard. Do you want to know the details of our school building? See the map of it bellow!

1. gate
2. canteen
3. car park
4. office
5. classroom
6. toilet
7. liberary
8. staff room
9. laboratory
10. school yard
11. Soccer field
12. volleyball court
13. store room

VI. Read the text above more carefully to answer the following problem!
1. What is the text above about
……………………………….
2. Where the school boys play soccer?
…………………………………..
3. Where do the school girls play volleyball?
……………………………………………
2. See the map of it bellow line for second paragraph! The word’it’ refers to…

VII. Check the verb form of the sentences in the sentences above!
1. What is the form of the verb in the sentences?
It is verb one or the….form
Quote some sentences to identify the organization of the text!
A. Identification……………
B. Description……………..

VIII. Identify the language features of the text!
Quote the evidents from the text!
C. Adjective………….
D. Noun phrases………….
E. Tobe………………

Pedoman Penilaian
I. Tiap nomor dengan jawaban benar skornya 5
II. Skor maksimal 8 X 5 = 40
III. Nilai maksimal = 10
IV. Nilai siswa diperoleh dengan menggunakan rumus
Skor perolehan
X 10
Skor maksimal
F. Rubrik penilaian

Nomor Uraian Skor
1 s/d 8 setiap jawaban benar, struktur kalimat dan ejaan benar 5
Setiap jawaban benar struktur kalimat kurang tepat, ejaan benar 4
Setiap jawaban benar, struktur kalimat salah ejaan benar 3
Setiap jawaban benar struktur kalimat salah ejaan salah 2
Setiap jawaban salah struktur kalimat dan ejaan salah 1
Tidak ada jawaban 0

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP.11.2.2)

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap

Standar kompetensi : 11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi dasar : 11.2. Merespon makna dan langkah retorika secara akurat lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure

Indikator :
• Mengidentifikasi berbagai informasi rinci dalam teks procedure
• Mengidentifikasi cirri-ciri kebahasaan teks procedure.
• Mengidentifikasi langkah-langkah retorika teks procedure
Jenis teks : procedure
Aspek/ Skill : Membaca
Alokasi waktu : 3 X 40 menit

A. Tujuan Pembalajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat menemukan :
1. Gagasan umum teks,
2. Informasi rinci dalam teks,
3. Makna kata tertentu dalam teks,
4. Langkah retorika teks
B. Materi Pelajaran
Teks monolog pendek Radio
1. Kosa kata yang berhubungan dengan teks Radio
2. Conjunction, before, after, while
3. Imperative sentence

C. Metode/ Teknik : Three phase technique

D.Langkah langkah kegiatan
Kegiatan awal
Salam/ greeting mengecek kehadiran siswa, apersepsi dengan membahas tugas rumah siswa.

Kegiatan inti
a. Pre reading activity
 Menjawab berbagai pertanyaan tentang Radio
 Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat yang berkaitan dengan radio

b. Whilest Reading activity
• Membaca text Radio
• Menjawab pertanyaan tentang text Radio untuk menemukan gagasan utama, informasi rinci, makna kata, dan tujuan komunikatif
• Menentukan kata makna dan bentuk.
c. Post Reading Activity
• Menemukan struktur kalimat yang digunakan dalam teks procedure
• Menemukan fitur-fitur bahasa teks procedure
Kegiatan akhir
a. menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami wacana yang diberikan
b. Membuat simpulan/ penegasan tentang materi yang baru dipelajari
c. Menerima tugas/ pekerjaan rumah.

E. Sumber Belajar
o Buku teks yang relevan
o Halaman : 36 – 37.

F. Penilaian
1. Teknik : tes tertulis
2. Bentuk : pertanyaan tertulis
3. Instrumen : Terlampiri

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

Instrumen Penilaian

I. Answer the following Questions based on your knowledge!
– Do you have a radio at home?
– What kind of radio do you have?
– Is your radio big or small?
– Do you often listen to the radio?
– What program do you like most?

II. Look at your dictionary to get the meaning of the following words if necessary!
Adjusted =……….
Compartment =……….
Turn on =……….
Rotating =……….

III. Read the following text carefully to answer the questions below!
The radio is one kind of electronic media. We can use it to get information and for entertainment. There are many kinds of radios. The most modern one is a digital radio. Most radios use electricity as a power source, but some of them still use batteries. It is easy to operate a fradio.
The following stepas tell how to operate a radio. Firstly, we must connect the cable to the electrical power outlet or put batteries into the power compartment. Then, we turn on the radio by rotating the volume knob clockwise. The knob must be adjusted to the desire level. After that, we can select the station by rotating the tuning knob. If the sound is not clearf enough, we must extend and adjust the antenna until the sound is good. To turn the radio off, we must rotate knob counter-clockwise. Don’t forget to take the cable out of the outlet, or to remove the batteries from the compartment if the radio will not be used for a long time.

IV. Qusestions
1. What is text about?
2. Is the radio an electronic media?
3. Do you think it is easy to operate the radio?
4. What is the first step in operating the radio?
5. What does the word ‘we’ refer to?
V. Identify the language features of the text!
Quote the evidents from the text!
A. Imperative sentence………….
B. Noun phrases………….
C. Tobe………………
D. Conjunction……….

Penilaian diserahkan pada kebijakan guru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP.11.3)

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap

Standar kompetensi : 11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi dasar : 11.3 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk deskriptive dan procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
Indikator :
• Mengidentifikasi berbagai informasi rinci dalam teks descriptive / procedure
• Mengidentifikasi cirri-ciri kebahasaan teks descriptive / procedure
• Mengidentifikasi langkah-langkah retorika teks descriptive / procedure.
Jenis teks : procedure
Aspek/ Skill : Membaca
Alokasi waktu : 5 X 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat menemukan :
1. Gagasan umum teks,
2. Informasi rinci dalam teks,
3. Makna kata tertentu dalam teks,
4. Langkah retorika teks

B. Materi Pelajaran
Teks fungsional pendek yang memuat
1. making an omelet
Ingredients
2 Eggs
Pinch salt and pepper
Pinch red chilly finelyslieed
Steps
Beat eggs in a bowl!
Add seasoning and red chilly
Fry it in the frying pan
Cut the omelet small pieces
2. Here are some instructions while you are eating
• Wash your hands before eating
• Don’t talk while you are eating
• Don’t leave the table before finishing your meals
• Clean the table after having meals

C. Metode/ Teknik : Three phase technique

D. Langkah langkah kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan
– Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
– Siswa menjawab pertanyaan tentang makanan yanng di sukai.
b. Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan berbagai contoh teks.
2. Siswa mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks yang berupa :
– Instruksi
– Daftar barang
3. Membahas kosakata dan tata bahasa : noun, noun phrases, adjective, verb, adverb.
4. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
5. Berdiskusi dengan teman menjawab pertanyaan bacaan.
6. Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan individual
7. Membaca nyaring bergiliran
c. Kegiatan Penutup :
a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
b. Menyimpulkan materi pembelajaran
c. Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya

E. Sumber Belajar :
• Buku teks yang relevan
• Teks Otentik

F. Penilaian :
a. Teknik : Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan dan tulis
b. Bentuk : – Performance
– Pertanyaan lisan dan tulis
c. Instrumen :
2. Read the texts given and then identify orally :
a. The instruction
b. The things
c. Words / phrases expressing congratulations
d. Annouccment
2. Answer the following question based on the dialogue
e. Who celebrates the birthday ?
f. Where do they go to get some food any drink ?
g. What does Tina say to congratulation Roni ?
h. What is Roni’s response when Tina congratulation ?
3. Read the text no.2 aloud !

d. Pedoman Penilaian Untuk Reading Aloud ( Text no.2 )

e. Rubrik Penilaian

No Name Pronunciation Intonation Stressing Fluency Loudness

Skor :
– Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran baik : 5
– Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran cukup baik : 4
– Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran kurang baik : 3
– Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran tidak baik : 2
– Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran sangat tidak baik : 1

Keterangan:

Baik : 21 – 25
Cukup Baik : 16 – 20
Kurang Baik : 11 – 15
Tidak Baik : 6 – 10
Sangat Tidak Baik : 1 – 5

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP.12.1)

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII /Genap

Standar Kompetensi : 12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 12.1 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Indikator : – Mengidentifikasi berbagai informasi dalm teks funsional pendek :
• Instruksi
• Daftar barang
• Ucapan selamat
• Pengumuman
Jenis teks : Fungsional pendek
Aspek/ Skill : Menulis
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa instruksi
b. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa daftar barang
c. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa ucapan selamat
d. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa pengumuman
e. Merespon berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
f. Membaca nyaring teks fungsional pendek

B. Materi Pembelajaran :
Teks funsional pendek :
• Instruksi
• Daftar barang
• Ucapan selamat
• Pengumuman

C. Metode Pembelajaran / Tehnik : Three phase technique

D. Langkah-langkah Kegiatan :

a. Kegiatan Pendahuluan
– Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
– Siswa menjawab pertanyaan tentang makanan yanng di sukai.

b. Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan berbagai contoh teks.
2. Siswa mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks yang berupa :
– Instruksi
– Daftar barang
– Ucapan selamat
– Pengumuman
3. Menulis teks fungsional pendek berupa
– Instruksi
– Daftar barang
– Ucapan selamat
– Pengumuman
c. Kegiatan Penutup :
a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
b. Menyimpulkan materi pembelajaran
c. Menugaskan siswa untuk menulis teks fungsional pendek sederhana

E. Sumber Belajar :
• Buku teks yang relevan
• Teks Otentik

F. Penilaian :
a. Teknik : Test tulis, unjuk kerja
b. Bentuk : Esai , lembar kerja
c. Instrumen :
Write down the instruction based on the situation.
You want your friend to come to your house.
You want your friend to wait for you in front of the school.
Your friend is going to have a trip, Write an sms to him/her!

Timbanuh, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,

H. M. SUKRI ZOHDI, S. Pd.
NIP. 19591231 1981121 106
Guru Mata Pelajaran,

SAADAH KUSHARTIMAHMUDAH, S. Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP.12.2)

SMP : SD-SMP SATU ATAP PRINGGASELA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap

Standar Kompetensi : 12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi dasar : 12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunguan terdekat dalam teks berbentuk descriptive / procedure

Indikator :
• Mengidentifikasi berbagai informasi rinci dalam teks descriptive / procedure
• Mengidentifikasi cirri-ciri kebahasaan teks descriptive / procedure.
• Mengidentifikasi langkah-langkah retorika teks descriptive / procedure.
Jenis teks : Procedure
Aspek/ Skill : Menulis
Alokasi waktu : 8 X 40 menit

C. Tujuan Pembalajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat menemukan :
1. Mengidentifikasi berbagai informasi rinci dalam teks descriptive / procedure
2. Mengidentifikasi struktur kalimat yang merupakan ciri khas teks deskriptif/ prosedur.
3. Mengidentifikasi langkah retorika teks deskriptif / prosedur.

D. Materi Pelajaran
Teks monolog deskriptif/prosedur.
Contoh teks procedure :
Making an omelet
Ingredients
2 Eggs
Pinch salt and pepper
Pinch red chilly finelyslieed

Steps
Beat eggs in a bowl!
Add seasoning and red chilly
Fry it in the frying pan
Cut the omelet small pieces

C. Metode/ Teknik : Three phase technique

D. Langkah langkah kegiatan
Kegiatan awal
Salam/ greeting mengecek kehadiran siswa, apersepsi dengan membahas tugas rumah siswa.
Kegiatan inti
1. Review struktur kalimat yang merupakan ciri teks deskriptif / prosedur.
2. Memberikan berbagai contoh teks.
3. Membahas kosakata dan tata bahasa : noun, noun phrases, adjective, verb, adverb.
Kegiatan akhir
1. Menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami teks yang diberikan
2. Membuat simpulan/ penegasan tentang materi yang baru dipelajari
3. Menerima tugas/ pekerjaan rumah.

E. Sumber Belajar
Majalah, koran dan buku yang relevan

F. Penilaian
1. Teknik : tes tertulis
2. Bentuk : pertanyaan tertulis
3. Instrumen :
Identify the Generic structure of the Text.
Identify the language features of the text.
The use of the Present tense form.
Arrange the following jumbled-words into a good pada lembar kerja siswa.

- , Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Guru Mata Pelajaran,

About these ads

Posted 11 Februari 2010 by Hartoyo in Pendidikan

Tagged with , , ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: