Manfaat sirih merah   Leave a comment

Sirih merah adalah tanaman merambat. Ia merambat di pagar atau tumbuhan. Nama Latinnya piper crocatum. Ia termasuk keluarga tanaman piperaceae. Ciri khas tanaman tropis ini adalah berbatang bulat hijau keunguan dan tidak berbunga. Permukaan daun sirih merah mengkilap dan tidak merata serta sebagai produksi teh merah bertangkai membentuk jantung hati dan ujungnya runcing. Panjang daunnya bisa sampai 10 cm dan lebarnya 5 cm. , agak tebal, berlendir dan kaku. Ia senang tumbuh di tempat rindang. Batang sirih mudah kering jika terkena sinar matahari dan warna merahnya bisa luntur.
Tanaman sirih sendiri mempunyai banyak species, antara lain sirih hijau, sirih biru, sirih gading, sirih hitam, sirih kuning.

Sirih merah sebagai tanaman hias ternyata bisa untuk obat: diabetes, kanker, asam urat, hipertensi, lever, ambeien, peradangan organ tubuh, lelah, maag, pengharum, keputihan, menghilangkan bau mulut, meluruhkan kentut, obat batuk, gatal, penghangat, peningkat gairah seksual, batu ginjal, menurunkan kolesterol, radang prostat, radang mata, nyeri sendi, memperhalus kulit/alat kosmetik kecantikan, obat mimisan, pencegah sakit gigi, perlengkapan upacara adat.
Sirih Merah mengandung senyawa kimia : flavonoid, alkaloid, senyawa polevenolad, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, pcymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpenena, fenil propada, tannin & minyak atsiri. Karvakrol bersifat desinfektan dan anti jamur. Eugenol bisa mengurangi rasa sakit. Tanin bisa mengatasi sakit perut. Senyawa flavanoid & polevenolad yang dikandungnya bersifat : antioksidan, antidiabetik, antikanker, antiseptik, anti inflamasi, dan senyama alkaloid-nya memiliki sifat neoplastik yang mampu menghambat sel-sel kanker. Sirih merah memiliki senyawa aktif alkaloid teh sirih dan flavonoid teh merah yang dapat menurunkan kadar glukosa darah. Senyawa alkaloid mempunyai sifat antineoplastik yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.
Cara menggunakannya sebagai obat. Selama penggunaan sirih merah sebagai tanaman obat belum ada informasi yang berkaitan dengan efek samping mengkonsumsi tanaman ini sebagai obat, akan tetapi utnuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan sirih merah tidak di anjurkanuntuk di konsumsi oleh para wanita yang sedang hamil, menyusui dan anak-anak dibawah umur 7 tahun. Rebusan Sirih Merah. Caranya ambil 3 – 5 lembar daun sirih merah segar segera cuci dan direbus dengan 2 gelas air masak hingga mendidih sampai airnya menyusut menjadi 1 gelas. air rebusan tersebut lalu didinginkan dan di minum sehari sebanyak 3 kali sebelum makan. apabila tidak tahan dengan rasanya yang pahit geter maka dapat dicampur dengan madu secukupnya atau pemanis lainnya tapi dalam takaran yang sesuai. Bagi seorang yang tidak sempat membuat rebusan sirih merah maka ada cara praktis untuk mengkonsumsi daun sirih merah yaitu dengan cara mengkonsumsi ekstrak sirih merah dengan dikeringkan dan dibuat sebagai teh seduhan atau daun segar yang dicuci dan direndam dalam air panas 1 gelas dan di diamkan sampai minuman dingin lalu dapat dikonsumsi dengan aman. Sirih merah bisa juga diekstrak dalam bentuk kapsul. Untuk mengobati mimisan, ambil selembar daun sirih, diremukkan atau dilumatkan. Lalu, digulung untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah. Sebanyak 200 gram daun sirih merah direbus bersama 1 liter air sampai volumenya tinggal 100 mililiter. Perbandingan berat daun sirih merah dengan volume ekstrak rebusan yang diminum adalah 200 gram : 100 mililiter atau 2 : 1. Yang mana daun sirih merah sangat aman untuk dikonsumsi/ASebanyak 200 gram daun sirih merah direbus bersama 1 liter air sampai volumenya tinggal 100 mililiter. Perbandingan berat daun sirih merah dengan volume ekstrak rebusan yang diminum adalah 200 gram : 100 mililiter atau 2 : 1. Yang mana daun sirih merah sangat aman untuk dikonsumsi.

Posted 13 Desember 2011 by Hartoyo in Uncategorized

Tagged with , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: